Penemu jam pertama kali

Penemu jam pertama kali – Aksesoris jam merupakan salah satu aksesoris yang paling banyak digunakan oleh masyarakat kita. Siapa yang tidak kenal dengan benda satu ini, pasalnya benda ini memiliki manfaat yang sangat penting bagi setiap manusia yakni untuk megetahui waktu. Hal ini sangat dibutuhkan oleh setiap orang khususnya bagi orang yang sibuk dengan kerjaan seperti hal nya pekerja kantoran, pembisnis dan lain sebagainya.

Keberadaan jam tangan sampai saat ini sangat bermanfaat khususnya dalam mengingatkan waktu hal ini sangat dirasakan oleh setiap orang. Sebagai sipengguna jam kini tentu anda merasakan banyak manfaatnya, namun apakah anda tau siapa penemu jam pertama kali? Berikut kami ulas penemu jam pertama kali didunia.

Pada zaman dahulu jam sering dignakan oleh para biarawan untuk memberi tanda waktunya berdoa dengan media lonceng. Pada tahun 1500-an seorang tukang kunci dari Jerman menemukan jam rumahan dengan diameter 10 cm sampe 12,5 cm dan ketebalan 7,5cm. Pada akhir abad XVI lonceng mulai dibuat tegak, dan pada abad XVII mesin jam mulai diberi lapisan kuningan dan diperkaya dengan penutup kaca dan jarum penunjuk menit. Semakin berkembangnya dan akhirna pada tahun 1656, lahirlah jam dengan lonceng berpendulum sebagai pengukur waktu. hal ini sangat berperan sebagai penunjuk waktu. itulah sejarah singkat yang banyaknya orang tau karena berada pada abadyang tidak cukup jauh . Namun sebenanya sebelum hal tersebut terjadi penemu inspirasi jam ini sudah ditemukan oleh ilmuan muslim yakni seorang ahli astronomi bernama ibnu al-shatir sekitar 3.500 tahun sebelum masehi yang menemukan ilmu saundial atau jam matahai. Jam ini menunjukan waktu berdasarkan letak matahari, dengan cara memanfaatkan bayangan yang menimpa permukaan datar. Ibnu al-Shatir membagi waktu dalam sehari dengan 12 jam, pada musim dingin waktu pendek, sedangkan pada musim panas waktu lebih panjang.

Sekitar 5.000-6.000 tahun yang lalu, orang Mesir mengukur waktu dan membuat kalender dengan menggunakan obelisk. Pada tahun 1400 SM orang Mesir juga menggunakan jam air yang diberi nama Clepsydra. Jam air paling canggih pertama kali ditemukan di zaman kejayaan Islam yang dibuat oleh Al-Jaziri pada tahun 1136-1206 yang berbentuk gajah dan bisa menghasilkan suara ditiap jam. Jam astronomi terbesar yang dibuat Al-Jazari disebut Castle Clock, yang dianggap menjadi analog komputer terprogram pertama.

Di dunia Islam, Al-Jazari memang bukan satu-satunya ilmuwan yang menciptakan jam tangan kw super. Banyak ilmuan lain yang juga tercatat telah menemukan beberapa jenis jam. Namun, penemuan jam air yang paling terkenal adalah yang dilakukan oleh Al-Jazari. Oke sahabat kini anda sudah mengetahui banyaknya para ilmuan yang menemukan banyaknya jenis jam yang sampai saat ini jam terus berkembang dan bermanfaat bagi kita semua.

Advertisements
This entry was posted in Jam tangan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s